Minggu, 30 Oktober 2011

Negara dan warga negara




Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi di mana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain.
Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berbentuk republik yang telah diakui oleh dunia internasional dengan memiliki ratusan juta rakyat, wilayah darat, laut dan udara yang luas serta terdapat organisasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berkuasa.
Indonesia adalah Negara yang mempunyai beragam kebudayaannya,dan Indonesia juga mempunyai banyak sekali  hasil bumi yang merampah ruah,dari  hasil bumi itu sebenarnya Indonesia merupak Negara yang tergolong sangat kaya,tetapi kerena kurangnya ilmu pengetahuaan yang menyebabkan Negara lain memanfaatkan Indonesia dengan sumber daya alamnya yang menguntungkan untuk Negara lain.
Dan juga tidak sedikit kebudayaan Indonesia yang di ambil oleh Negara lain karena kurangnya perhatiaan akan budaya Indonesia tersebut.Indonesia adalah sebuah negra yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat padat sekali Indonesia termasuk peringkat empat negara yang jumlah penduduknya sangat banyak sekali.
Karena jumlah penduduk itu yang sangat banyak di Indonesia pengangguran yang tersebar di berbagai daerah ,sangat sulitnya mencari lapangan kerja di indonesia menyebabkan angka kejahatan yang sangat tinggi karena kurangnya kesadaran dari diri masing-masing dan kurangnya pendidikan dasar dan pendidikan agamanya.
Syarat terbentuknya negara adalah:
Wilayah
Bagaimanapun unsur negara ini sangat krusial, karena sebuah negara memerlukan sebuah wilayah tempat negara tersebut berdiri.
2. Rakyat
Tanpa rakyat, negara tidak dapat berdiri
3. Pemerintaahan yang memiliki kekuasaan / kedaulatan
Unsur ini sangat penting, karena tanpa adanya pemerintaahan yang memiliki kekuasaan dan ditaati oleh rakyatnya sebuah area atau wilayah yang berpenduduk (rakyat) tidak ubahnya seperti sebuah gerombolan orang yang tidak cucup untuk disebut sebagai negara.
Fungsi suatu negara terkait dengan tugas negara sebagai organisasi. Tugas negara secara umum dapat dikatakan meliputi dua hal pokok, yaitu :
Tugas Esensial:Adalah tugas negara mempertahan kan eksistensinya sebagai lembaga politik yang berdaulat. Tugas ini menjadi tugas internal dan eksternal negara.

Tugas Fakultatif:Adalah tugas negara untuk menciptakan dan memperbesar kesejahteraan kepada rakyatnya baik moral, intelektual, sosial maupun ekonomi..
NaturalisasiAdalah suatu perbuatan hukum yang dapat menyebabkan seseorang memperoleh status kewarganegaraan. Misal : seseorang memperoleh status kewarganegaraan akibat dari pernikahan, mengajukab permohonan, memilih/menolak status kewarganegaraan. Sedangkan naturalisasi di Indonesia dapat di bagi menjadi dua, yaitu :
• Naturalisasi Biasa
Syarat-syaratnya adalah :
- Telah berusia 21 tahun
- Lahir di wilayah RI/bertempat tinggal yang paling minimal 5 tahun berturut atau 10 tahun tidak berturut-turut
- Apabila ia seseorang laki-laki yang sudah kawin, ia perlu mendapat persetujuan istrinya
- Dapat bebahasa Indonesia
- Sehat jasmani & rohani
- Mempunyai mata pencarian tetap
- Tidak mempunyai kewarganegaraan lain
• Naturalisasi Istimewa : status kewarganegaraan yang diberikan kepada warga asing yang telah berjasa kepada negara RI dengan pernyataan sendiri (permohonan) untuk menjadi WNI.

Indonesia juga memmpunyai dasar negara yaitu pancasila dan mempunyai sebuah semboyan yaitu bhineka tunggal ika walaupun berbeda suku adat dan budaya tetapi tetap satu itulah yang harus di jaga oleh indonesia untuk tetap menjadi sebuah negarayang tetap kokoh dan bersatu.
Berikut beberapa lambng negara indonesia:
Indonesia juga mempunyai tempat-tempat wisata yang sangat terkenal seperti tempat wisata di bali djogja,pulau seribu,dan monas di Jakarta 

Demikian artikel ini saya buat apabila ada kesalahan kata-kata yang saya buat saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan dari artikel mohon kritikan yang mendukung untuk kemajuaan artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar